Thursday, 14 May 2015

Tidak Sah Shalat Tarawih Dengan 4 raka’at sekali salam


Assalamualaikum wr.wb
Imam Nawawi seorang Mujtahid Fatwa di mazhab Asy’Syafi’i berkata :

وَلْيُصَلِّهَا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ كَمَا هُوَ الْعَادَةُ فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ ذَكَرَهُ الْقَاضِي حُسَيْنُ فِي فَتَاوِيهِ لِأَنَّهُ خِلاَفُ الْمَشْرُوعِ قَالَ وَلاَ تَصِحُّ بِنِيَّةٍ مُطْلَقَةٍ بَلْ يَنْوِي سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ أَوْ صَلاَةَ التَّرَاوِيحِ أَوْ قِيَامَ رَمَضَانَ فَيَنْوِي فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ مِنْ صَلاَةِ التَّرَاوِيحِ

“ Dan hendaklah shalat tarawih itu dilaksanakan (dengan) 2 raka’at, 2 raka’at sebagaimana lazimnya, dan jika dilaksanakan dengan 4 raka’at dengan 1 salam, maka hukumnya tidak sah, karena yang demikian itu telah menyalahi ketentuan yang telah disyari’atkan. Demikian pula seperti yang dikemukakan oleh Qadhi Husein dalam fatwanya, Ketahuilah sesungguhnya Khilaf al-Masyru’ berkata : “ Tidak sah niat (shalat tarawih dengan niat shalat) mutlaq, maka  niatkanlah shalat sunnat tarawih atau atau qiyam Ramadhan, maka harus diniatkan untuk setiap dua raka’at- dua raka’at dari shalat tarawih “. (Al-Majmu Syahr Muhadzdzab 1 / 526)
Al’Allamah Dr. Wahbah az-Zuhaili seorang imam fatwa pada abad ini berkata : “ Shalat tarawih itu terdiri dari 20 raka’at dengan 10 kali salam setiap malam di bulan Ramadhan, (waktunya) antara shalat Isya dan shalat subuh, demikian ini karena mengikuti sunnah Rasulullah Saw, dan rutinitas para sahabat dalam mengerjakan shalat tarawih tersebut. Dan hendaknya untuk setiap 2 raka’at niat tarawih atau shalat malam Ramadhan, dan apabila shalat dengan 4 raka’at  (satu salam), maka tidak sah  (Al-Fiqh al-Islami wa Adillathu  2 / 59)
Di dalam kitab “ Kifayatul Akhyar “ 1/89 (Mazhab Syafi’i) dikatakan :

لِأَنَّهُمْ كَانُوا يَسْتَرِيْحُوْنَ بَعْدَ كُلِّ تَسْلِيْمَتَيْنِ وَيَنْوِي فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّرَاوِيْحِ أََوْ قِيَامِ رَمَضَانَ وَلَو صَلَاهَا أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ

“ Maka sesungguhnya mereka (para sahabat) melaksanakan tarawih setiap dua kali salam dan meniatkan di dalam setiap dua raka’at tarawihnya atau (meniatkan) shalat qiyam ramadhan, dan ada pun shalat tarawih empat (raka’at) dengan satu salam tidak sah
Bukan hanya pengarang kitab ini saja yang mengatakan tidak sah, tetapi banyak ulama dengan redaksi bahasa yang hampir sama menyatakan ketidaksahannya shalat tarawih 4 raka’at dengan satu salam.
Di dalam kitab “ Ghayah al-Bayan Syarh Zubad “ Ibnu Ruslan (Mazhab Syafi’i) 1/79 beliau pun mengatakan :

وَلَو صَلَاهَا أَرْبَعًا أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ تَصِحَّ

“ dan adapun shalat tarawih empat (raka’at) empat raka’at (raka’at) dengan satu salam tidak sah
Di dalam kitab “ Nihayah al-Muhtaj ilaa Syarh al-Minhaj 2/127, Khasyiyyah 1/249 (Mazhab Syafi’i) dikatakan :

وَلَا تَصِحُّ بِنِيَّةٍ مُطْلَقَةٍ كَمَا فِي الرَّوْضَةِ بَلْ يَنْوِي رَكْعَتَيْنِ مِنْ التَّرَاوِيحِ أَوْ مِنْ قِيَامِ رَمَضَانَ. وَلَوْ صَلَّى أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ

“ Tidak sah meniatkan shalat mutlaq (untuk tarawih) sebagaimana yang terdapat di dalam kitab ar-Raudhah kecuali dengan niat dua raka’at dari sebagian tarawih atau qiyam ramadhan ada pun shalat (tarawih) 4 raka’at dengan satu salam tidak sah

Di dalam kitab “ al-Fiqh al-Minhaj ‘alaa Madzahib al-Imam Syafi’i “ 1/237 diterangkan juga :

صَلاَةُ التَّرَاوِيْح
وَصَلاَةُ التَّرَاوِيْحِ إِنَّمَا تُشْرَعُ فيِ رَمَضَانَ خَاصَّةَ، وَتُسَنُّ فِيْهَا الْجَمَاعَةُ وَتَصِحُّ فُرَادَى. وَسُمِّيَتْ بِهَذَا الْإِسْمِ لِأَنَّهُمْ كَانُوا يَتَرَوَّحُوْنَ عَقِبَ كُلِّ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ، أَيْ يَسْتَرِيحُوْنَ وَُتُسَمَّى قِيَامَ رَمَضَانَ وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكَعَةً فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ لَيَاليِ رَمَضَانَ، يُصَلِّي كُلَّ رَكْعَتَيْنِ بِتَسْلِيْمَةٍ، وَوَقْتُهَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ وَصَلاَةِ الْفَجْرِ، وَُتُصَلّىِ قَبْلَ الْوِتْرِ وَلَوْ صَلَّى أَرْبَعاً بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ لَمْ تَصِحَّ

No comments:

Post a Comment