Assalamualaikum wr.wb
Imam
Nawawi seorang Mujtahid Fatwa di mazhab Asy’Syafi’i berkata :
وَلْيُصَلِّهَا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ كَمَا هُوَ الْعَادَةُ فَلَوْ
صَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ ذَكَرَهُ الْقَاضِي حُسَيْنُ
فِي فَتَاوِيهِ لِأَنَّهُ خِلاَفُ الْمَشْرُوعِ قَالَ وَلاَ تَصِحُّ بِنِيَّةٍ
مُطْلَقَةٍ بَلْ يَنْوِي سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ أَوْ صَلاَةَ التَّرَاوِيحِ أَوْ
قِيَامَ رَمَضَانَ فَيَنْوِي فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ مِنْ صَلاَةِ
التَّرَاوِيحِ
“ Dan hendaklah shalat tarawih itu dilaksanakan (dengan) 2 raka’at, 2
raka’at sebagaimana lazimnya, dan jika dilaksanakan
dengan 4 raka’at dengan 1 salam, maka hukumnya tidak sah, karena yang demikian itu telah menyalahi ketentuan yang telah
disyari’atkan. Demikian pula seperti yang dikemukakan oleh Qadhi Husein dalam
fatwanya, Ketahuilah sesungguhnya Khilaf al-Masyru’ berkata : “ Tidak sah niat
(shalat tarawih dengan niat shalat) mutlaq, maka niatkanlah shalat sunnat tarawih atau atau
qiyam Ramadhan, maka harus diniatkan untuk setiap dua raka’at- dua raka’at dari
shalat tarawih “. (Al-Majmu
Syahr Muhadzdzab 1 / 526)
Al’Allamah Dr. Wahbah
az-Zuhaili seorang imam fatwa pada abad ini berkata : “ Shalat
tarawih itu terdiri dari 20 raka’at dengan 10 kali salam setiap malam di bulan
Ramadhan, (waktunya) antara shalat Isya dan shalat subuh, demikian ini karena
mengikuti sunnah Rasulullah Saw, dan rutinitas para sahabat dalam mengerjakan
shalat tarawih tersebut. Dan hendaknya untuk setiap 2 raka’at niat tarawih atau
shalat malam Ramadhan, dan apabila shalat dengan 4 raka’at (satu salam), maka tidak sah “ (Al-Fiqh al-Islami wa Adillathu 2 / 59)
Di dalam kitab “ Kifayatul
Akhyar “ 1/89 (Mazhab Syafi’i) dikatakan :
لِأَنَّهُمْ كَانُوا يَسْتَرِيْحُوْنَ بَعْدَ كُلِّ تَسْلِيْمَتَيْنِ
وَيَنْوِي فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّرَاوِيْحِ أََوْ قِيَامِ رَمَضَانَ وَلَو
صَلَاهَا أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ
“ Maka sesungguhnya mereka (para sahabat) melaksanakan
tarawih setiap dua kali salam dan meniatkan di dalam setiap dua raka’at
tarawihnya atau (meniatkan) shalat qiyam ramadhan, dan ada pun shalat
tarawih empat (raka’at) dengan satu salam tidak sah “
Bukan hanya pengarang kitab ini saja yang mengatakan tidak sah, tetapi
banyak ulama dengan redaksi bahasa yang hampir sama menyatakan ketidaksahannya
shalat tarawih 4 raka’at dengan satu salam.
Di dalam kitab “ Ghayah al-Bayan Syarh Zubad “ Ibnu Ruslan (Mazhab
Syafi’i) 1/79 beliau pun mengatakan :
وَلَو صَلَاهَا أَرْبَعًا أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ تَصِحَّ
“ dan adapun shalat tarawih empat (raka’at) empat
raka’at (raka’at) dengan satu salam tidak sah “
Di dalam kitab “ Nihayah al-Muhtaj ilaa Syarh al-Minhaj 2/127, Khasyiyyah
1/249 (Mazhab Syafi’i) dikatakan :
وَلَا تَصِحُّ بِنِيَّةٍ مُطْلَقَةٍ كَمَا فِي الرَّوْضَةِ بَلْ يَنْوِي
رَكْعَتَيْنِ مِنْ التَّرَاوِيحِ أَوْ مِنْ قِيَامِ رَمَضَانَ. وَلَوْ صَلَّى
أَرْبَعًا بِتَسْلِيمَةٍ لَمْ يَصِحَّ
“ Tidak sah meniatkan shalat mutlaq (untuk tarawih) sebagaimana yang
terdapat di dalam kitab ar-Raudhah kecuali dengan niat dua raka’at dari
sebagian tarawih atau qiyam ramadhan ada pun shalat (tarawih)
4 raka’at dengan satu salam tidak sah “
Di dalam kitab “ al-Fiqh al-Minhaj ‘alaa
Madzahib al-Imam Syafi’i “ 1/237 diterangkan juga :
صَلاَةُ التَّرَاوِيْح
وَصَلاَةُ التَّرَاوِيْحِ إِنَّمَا تُشْرَعُ فيِ رَمَضَانَ خَاصَّةَ، وَتُسَنُّ
فِيْهَا الْجَمَاعَةُ وَتَصِحُّ فُرَادَى. وَسُمِّيَتْ بِهَذَا الْإِسْمِ لِأَنَّهُمْ
كَانُوا يَتَرَوَّحُوْنَ عَقِبَ كُلِّ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ، أَيْ يَسْتَرِيحُوْنَ وَُتُسَمَّى
قِيَامَ رَمَضَانَ وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكَعَةً فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ لَيَاليِ رَمَضَانَ،
يُصَلِّي كُلَّ رَكْعَتَيْنِ بِتَسْلِيْمَةٍ، وَوَقْتُهَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ
وَصَلاَةِ الْفَجْرِ، وَُتُصَلّىِ قَبْلَ الْوِتْرِ وَلَوْ صَلَّى أَرْبَعاً
بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ لَمْ تَصِحَّ
No comments:
Post a Comment