Saturday 30 May 2015

KEUTAMAAN BULAN SYA’BAN

Mengabarkan kepada kami Abu Dawud berkata : mengabarkan kepada kami Hisyam, dari Yahya ibn Abu Katsir, dari Abu Salamah r.a, dari ‘Aisyah r.a :

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «كَانَ لَا يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهْرًا إِلَّا شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ
“ Sesungguhnya Rasulullah Saw tidak pernah puasa (sunnah) dalam setahun kecuali (puasa sunnah) di bulan Sya’ban sesungguhnya beliau berpuasa (sunnah) penuh di bulan Sya’ban ” )Musnad Abu Dawud ath-Thayalis 3/83, Musnad Abu Ja’di 1/130( (derajat hadits hasan shahih)

Mengabarkan kepada kami Abu Dawud berkata : mengabarkan kepada kami Syu’bah, dari Manshur, dari Salim ibn Abu al-Ja’di, dari Abu Salamah dari Ummu Salamah r.a :

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ شَهْرَيْنِ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا إِلَّا شَعْبَانَ وَرَمَضَانَ
“ Sesungguhnya Rasulullah Saw tidak pernah mengerjakan puasa 2 bulan yang disatukan di antaranya kecuali (puasa) di bulan Sya’ban dan Ramadhan” )Musnad Abu Dawud ath-Thayalis 3/177, dikuatkan dengan hadits yang terdapat dalam Sunan Abu Dawud 2/300, Sunan Turmudzi 3/104, Sunan Nasai 4/200, Musnad Abu Dawud ath-Thayalis 3/177, Musnad Ahmad bin Rahawaih 4/150, Musnad Ahmad 44/257(  (derajat hadits hasan shahih)

Mengabarkan kepadaku Abu Said al-Maqburi, berkata : mengabarkan kepadaku Abu Hurairah, dari Usamah ibn Zaid, berkata :

قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، رَأَيْتُكَ تَصُومُ فِي شَعْبَانَ صَوْمًا لَا تَصُومُهُ فِي شَيْءٍ مِنَ الشُّهُورِ إِلَّا فِي شَهْرِ رَمَضَانَ، قَالَ: «فَذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ، بَيْنَ شَهْرِ رَجَبَ وَشَهْرِ رَمَضَانَ، تُرْفَعُ فِيهِ أَعْمَالُ النَّاسِ، فَأُحِبُّ أَنْ لَا يُرْفَعَ عَمَلِي إِلَّا وَأَنَا صَائِمٌ»
“ Aku bertanya : Ya Rasulullah, aku melihatmu berpuasa di bulan Sya’ban aku tidak pernah melihatmu berpuasa di bulan lain kecuali di bulan Ramadhan, beliau menjawab : “ Pada bulan Sya’ban di mana lalainya manusia (yaitu) di antara bulan Rajab dan Ramadhan, di mana diangkatnya amalan manusia, aku menyukai ketika amal itu diangkat dalam keadaan berpuasa ” )Mushanaf Ibnu Abi Syaibah 1/127 hadits ini banyak diriwayatkan dalam jalur yang lainnya( (derajat hadits hasan shahih)
Telah diriwayatkan dalam Kitab “ Ghunyah lil Thalilbi “ karya Al-Muhyiddin Waliyul Quthub Sulthan Auliya Syaikhul Masyayikh Maulana Abdul Qadir al-Jailani pada hal 186-192, tentang keutamaan Puasa sunnat dan shalat sunnat di bulan Sya’ban sebagai berikut :
Syaikh Abu Nashr Muhammad memberitahukan kpada kami, dari ayahnya, dari Abu ‘Ali al –Husain, dari Abu Husain Ali bin Muhammad bin Umar bin Hafsh Ja’far al-Maqdari, dari Abu Bakah Muhammad bin Abdullah asy’Syafi’I, dari Ishaq bin Hasan, dari Abdullah bin Salamah, dari Malik bin Anas, dari Abu Nadhar budak Umar bin Abdullah, dari Abu Salamah bin Abdurrahman, dari ‘Aisyah istri Nabi Saw, dia berkata, “ Rasulullah Saw pernah berpuasa sehingga kami katakan beliau tidak pernah berbuka, dan beliau berbuka sehingga kami katakan beliau tidak berpuasa. Dan aku tidak pernah melihat Rasulullah Saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali bulan Ramadhan. Dan aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam satu bulan yang lebih banyak daripada bulan Sya’ban “.
Hadits di atas shahaih, dan diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari Abdullah bin Yusuf, dari Malik, dari Abu Nashr, dari Muhammad dari ayahnya, dari Hisyam bin Urwah, dari ‘Aisyah  r.a., dia berkata, Rasulullah Saw pernah berpuasa sehingga kami mengatakan beliau tidak berbuka, dan beliau berbuka sehingga kami katakan beliau tidak berpuasa. Dan aku menyukai puasa beliau di bulan Sya’ban. Lalu aku bertanya, “ Wahai, Rasulullah, mengapa engkau berpuasa di bulan Sya’ban ? “ Beliau menjawab, “ Wahai ‘Aisyah, Sya’ban adalah bulan ketika malaikat maut menandai nama orang yang akan dicabut nyawanya pada waktu yang tersisa di tahun itu, dan aku ingin namaku ditandai di saat aku sedang berpuasa “.
Abu Nashr juga pernah memberitahu kami dari ayahnya dari Tsabit dari Anas bin Malik Rda, dia berkata, “ Nabi pernah ditanya tentang keutamaan puasa (di bulan Sya’ban), maka beliau menjawab, “ Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai pengagungan terhadap bulan Ramadhan “. 
Abdullah r.a pernah berkata, “ Barangsiapa yang berpuasa di bulan Sya’ban maka Allah akan memberinya ampunan “.
Dari Ali bin AbiThalib r.a, dari Nabi Saw, beliau bersaba, “ Allah Yang Maha Tinggi pada malam pertengahan Sya’ban turun ke langit dunia, kemudian memberikan ampunan kepada setiap muslim, kecuali kepada orang musyrik, orang yang iri hati, pemutus tali salaturahmi, atau wanita yang melacurkan dirinya “.
Dari ‘Aisyah r.a berkata, Rasulullah Saw bersabda, “ Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada pertengahan Sya’ban, kemudian memberikan ampunan kepada orang yang jumlahnya lebih banyak daripada bulu biri-biri “.
Abu Hurairah r.a dari Nabi Saw, beliau bersabda, “ Jibril a.s. pernah mendatangiku pada malam pertengahan Sya’ban, dan dia berkata kepadaku, “ Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu ke langit  “.
Kemudian aku bertanya, “ Malam apakah ini ? “
Jibril menjawab, “ Pada malam ini Allah membukakan 300 pintu rahmat, Dia memberikan ampunan kepada siapa saja yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun, kecuali tukang sihir, dukun, pecandu khamar, atau orang yang selalu berulang kali berbuat riba dan zina. Mereka tidak akan diberi ampunan oleh-Nya hingga mereka bertobat “.
Setelah seperempat malam, Jibril turun kembali dan berkata, “ Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu “
Maka beliau mengangkat kepalanya dan ternyata terlihat pintu-pintu surga sudah terbuka dan di atas pintu pertama ada malaikat yang berseru, “ Beruntunglah orang yang ruku’ pada malam ini “. Pada pintu kedua ada malaikat yang berseru, “ Beruntunglah orang yang bersujud pada malam ini “. Pada pintu ketiga ada malaikat yang berseru “ Beruntunglah orang-orang yang berdoa pada malam ini “. Pada pintu keempat ada malaikat yang berseru, “ Beruntunglah orang-orang yang menangis berdzikir pada malam ini “. Pada pintu kelima ada malaikat yang berseru, “ Beruntunglah orang-orang yang menangis karena takut kepada Allah pada malam ini “. Pada pintu keenam ada malaikat yang berseru, “ Beruntunglah kaum Muslim pada malam ini “. Pada pintu ke tujuh ada malaikat yang berseru, “ Adakah orang yang akan meminta lebih lagi ? “. Pada pintu kedelapan ada malaikat yang berseru, “ Adakah orang yang bertobat tidak akan diterima tobatnya ? “.
Lalu aku bertanya, “ Wahai Jibril, sampai kapan pintu-pintu itu akan terbuka ? “
Jibril menjawab, “ Sampai terbit fajar dari sejak permulaan malam (Maghrib) “
Kemudian Jibril berkata, “ Wahai Muhammad, sesungguhnya pada malam ini Allah akan membebaskan manusia dari neraka sebanyak bulu biri-biri “.
Telah diriwayatkan dari Rasulullah saw, beliau bersabda, “ Pada malam Nishfu Sya’ban, Allah melihat dengan sekali lirikan. Kemudian Dia mengampuni orang-orang beriman, mengabaikan orang-orang kafir, dan membiarkan orang-orang yang dengki dengan kedengkian mereka, sampai mereka meninggalkan kedengkiannya itu “.
Di dalam al-Quran Allah Swt berfirman :
حم (1) وَالْكِتَابِ الْمُبِينِ (2) إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (3) فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ (4) أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ (5) رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (6) رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا إِنْ كُنْتُمْ مُوقِنِينَ (7)
“ Haa Miim (1) Demi Kitab (al-Qur’an) yang jelas (2) Sesungguhnya Kami menurunkan pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan (3) Pada (malam) itu dijelaskan segala urusan yang penuh dengan hikmah (4) (yaitu) urusan dari sisi Kami. Sungguh Kamilah yang mengutus- para rasul (5) Sebagai rahmat dari Tuhan-Mu. Sungguh Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui (6) Tuhan (yang memelihara) langit dan bumi da apa yang ada di antara keduanya, jika kamu orang-orang yang meyakini (7) (QS 44 / ad-Dukhan : 1 – 7 )
Ayat yang mulia ini menurut para ahli tafsir dan para fukaha adalah ayat yang diturunkan tentang malam malam Nisfu Sya’ban. Para ulama yang menyatakan hal seperti itu diantaranya adalah : Khalifah Umar bin Khatabh rda, Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib kw, Ibnu Abbas rda, Anas bin Malik rda, Salman al-Farisi rda, Abi Dzarr rda, Siti ‘Aisyah ra, Abdul Aziz rda, Abu Said al-Khudri rda, Imam Abi Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam asy-Syafi’i Imam Ahmad bin Hanbal, Imam al-Baihaqi,  Imam Atha al-Khurasan, Imam Thabarani, Imam Ibnu al-Mubarak, Imam Abu Dawud ath-Thayalis, Imam Ibnu Wahhab, Imam Abdul Razzaq, Imam Hamiidi, Imam Said bin Manshur, Imam Inu Abi Syaibah, Imam Ishaq bin Rahawaih, Imam Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, Imam al-Fakahi, Imam al-Harits, Imam Ibnu Wahdah, Imam Ibnu Ashim, Imam al-Bazzar, Imam Abu Ya’la, Imam az-Zamarkhasi, Imam ath-Thabari, Imam Abu Hatim, Imam Abul Laits as-Samarqandi, dan masih banyak lagi.
Tentang ayat ini ulama lebih banyak yang setuju tentang keberadaan malam Nisfu Sya’ban. Adapun perbeda- annya terletak apakah ayat ini menceritakan malam Nisfu Sya’ban atau malam Lailatul Qadar. Sedangkan yang kedua, ulama berbeda pendapat tentang amalan yang terdapat di dalam malam Nisfu Sya’ban. Apakah hadits tersebut shahih ataukah tidak.  Tentang hal ini saya tidak akan menceritakan secara panjang lebar, karena tentang hal ini insya Allah akan dibahas dalam karya saya yang lainnya yang berjudul : “ KEUTAMAAN BULAN RAJAB DAN SYA’BAN BERSERTA AMALANNYA “.
Bersabda Rasulullah Saw :
مَنْ صَلَّى فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ مِائَةَ رَكْعَةٍ أَرْسَلَ اللهُ إِلَيْهِ مائة ملك: ثلاثون يبشرونه بالجنة، وثلاثون يؤمنون من عذاب النار، وثلاثون يدفعون عنه آفات الدنيا. وعشرة يدفعون عنه مكايد الشيطان. ونزول الرحمة: قال عليه الصلاة والسلام: إنّ الله يرحم أمّتى
“ Barangsiapa yang shalat sunnah pada malam ini (Nisfu Sya’ban) sebanyak 100 raka’at Allah menurunkan baginya 100 malaikat : yang 30 mengabarkan berita gembira tentang surga, yang 30 lagi memberikan keamanan dari siksa neraka, yang 30 lagi mengangkat bencana dunia, dan yang 10 lagi mengangkat gangguan setan, dan Allah menurunkan rahmat : Bersabda Rasulullah Saw : “ Sesungguhnya Allah menyayangi umatku “  (Tafsir az-Zamarkhasi 4 / 269, Tarikh Ahadits al-Kasyaf  3 / 261,Tarikh Ahadits al-Hadits 3 / 261)
Dari Ali bin Abi Thalib r.a ia berkata : bersabda Rasulullah Saw :
إذا كان ليلة النصف من شعبان، قوموا ليلتها وصوموا يومها، فإنّ الله تعالى ينزل لغروب الشمس إلى سمّاه الدّنيا فيقول: ألّا مستغفر فأغفر له، ألّا مسترزق فأرزقه، ألّا مبتلى فأعافيه، ألّا مبتلى فأعافيه، ألّا كذا، ألّا كذا، ألّا كذا، حتّى يطلع الفجر
“ Di mana datang malam Nisfu Sya’ban, maka shalatlah pada malamnya, dan berpuasalah pada hari itu,  sesungguhnya Alah Ta’ala  ketika matahari terbenam di langit dunia berfirman : “ Ketahuilah barangsiapa yang memohon ampun maka ia akan Aku ampuni, ketahuilah siapa yang meminta rezeki akan Aku berikan, ketahuilah siapa yang meminta kesehatan, ketahuilah siapa yang meminta kesehatan maka akan diberikan, ketahuilah ia akan mendapatnya seperti itu, ketahuilah ia akan mendapatkannya seperti itu, ketahuilah ia akan mendapatkannya seperti itu, sampai dengan terbitnya fajar “ (Tafsir Tsalabi 8 / 349)
Mengingatkan tentang amalan ahli Makkah pada Nisfu Sya’ban mereka berijtihad tentang keutamaannya, dan ahli Makkah mengerjakannya pada hari itu di mana pada malam Nisfu Sya’ban. Keluar para pemuda dan wanita menuju mesjid (al-Haram) maka mereka pun shalat dan thawaf, dan menghidupkan pada malamnya sampai waktu Shubuh dengan membaca al-Quran di dalam masjid masjid al-Haram, sehingga mengkhatamkan al-Qur’an seluruhnya, merela shalat/ Dan barangsiapa yang shalat 100 raka’at dengan membaca di setiap raka’atnya al-Hamd (al-Fatihah) dan Qulhuwallahu ahad 10 kali (setelah selesai) membawa air zamzam pada malam itu dan meminumnya serta mandi dengannya, maka akan menjadi penyembuh baginya dari berbagai penyakit, hal itu akan membawa keberkahan di dalam malam itu, dan diriwayatkan tentangnya (keutamaan Nisfu Sya’ban) di dalam banyak hadits “ (Akhbarul Makkah, al-Fakahi 3 / 64)

رَوَاهُ الْجَوْزَقَانِيُّ عَنْ أَنَسٍ حديث: يَا عَلِيُّ مَنْ صَلَّى مِائَةَ رَكْعَةٍ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ يَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابَ وَ {قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ} عَشْرَ مَرَّاتٍ إِلاَّ قَضَى اللَّهُ لَهُ كُلَّ حَاجَةٍ
“ Diriwayatkan dari al-Jauzani dari Anas dikatakan di dalam hadits : “ Ya Ali, barangsiapa yang shalat 100 raka’at pada malam Nisfu Sya’ban dengan membaca di dalam Setiap raka’atnya al-Fatihah dan Qulhuwallahu ahad 10 kalikecuali Allah akan mengabulkan semua hajatnya “ (Fawaid al-Majmu’ah 1 / 150)
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ، رَفَعَهُ قَالَ: مَنْ صَلَّى لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ رَمَضَانَ، وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ مِائَةَ رَكْعَةٍ يَقْرَأُ فِيهَا بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ أَلْفَ مَرَّةٍ، لَمْ يَمُتْ حَتَّى يُبَشَّرَ بِالْجَنَّةِ
“ Dari Muhammad bin Ali secara bersambung bersabda Rasulullah Saw : Barangsiapa yang shalat pada malam Nisfu Ramadhan dan pada malam Nisfu Sya’ban 100 raka’at dengan membaca qulhuwallahu ahad 1000 kali, dia tidak akan mati sehingga melihat tempatnya di surga “  (Fadhail Ramadhan, Ibnu Abi Dunya 1 / 33)

Tentang keutamaan Nisfu Sya’ban dan puasa sunnahnya diriwayatkan pula dalam kitab-kitab lainnya, misalnya :
Al-Jami’ Ibnu al-Wahhab 1/115
Musnad Abu Dawud ath-Thayalis 3/83, 3/105, 3/177
Mushanaf Abdurrazzaq 4/161, 4/316
Musnad Hamidi 1/130, 1/246, 1/313
Musnad Ishaq bin Rahawaih 2/324
Musnad Ibnu Abi Syaibah 1/127

Hadits-hadits tentang keutamaan puasa dan amalan di malam Nisfu Sya’ban ini sudah saya kumpulkan dengan jumlah 140 lembar yang saya ambil dari lebih 80 kitab, baik kitab-kitab hadits ataupun kitab-kitab tafsir. Tetapi cukuplah bagi kaum muslimin bahwa amaliah pada malam Nisfu Sya’ban merupakan amaliah sunnah yang sudah dibenarkan oleh banyak hadits Nabi Saw dan dilestarikan oleh para istri-istri Nabi, para sahabat, tabi’in dan tabi’ tabiin. Semoga kita semua termasuk sebagai umat yang terus menjaga dan melestarikan sebagia dar sunnah Nabi-Nya. Karena Nabi Saw bersabda :
مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِّنْ سُنَّتِي، فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ، كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا
“ Barangsiapa yang menghidupkan sebagian dari sunnahku, kemudian mengamalkannya bersama orang lain, baginya pahala dan pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya “. (Sunan Ibnu Majah 1/76)

1 comment: